Home » Aku » 3D – 1991

3D – 1991


Ini adalah legenda sebuah kelas yang penuh dengan haru biru, huru hara, dan gelak tawa. Hihihi… Tersebutlah sebuah kelas yang letaknya di panggung aula SMPN I Wates, sehingga kalau sedang ada Penataran, atau Perpisahan dan acara2 lain kita terpaksa mengungsi ke laboratorium. Kelas istimewa dengan murid2 yang istimewa pula. Bukan dari segi prestasi akademik tentu saja, karena dari kelas kami bahkan ga ada yang masuk 10 besar NEM terbaik. Tapi kalau masalah kekompakan dan kekeluargaan, kitalah jagoannya.

Di era itu, kami lah pendobrak tradisi dimana tempat duduk murid selalu sama setiap hari yang hanya bergeser2 setiap minggu. Kelas kami memulai tradisi dengan menentukan tempat duduk dengan sistem siapa cepat dia dapat belakang setiap hari. Betapa dinamisnya, bahkan guru2 juga heran dengan fenomena ini. Sebenarnya pola ini kami terapkan untuk mengantisipasi kebiasaan Bu Prapto guru Bahasa Inggris dengan yang dengan killer instinct-nya sering membinasakan muridnya dengan kata ” Corner please…!!!”. Alhasil setiap hari dimana beliau mengajar kursi2 di pojok sangat ditabukan.

Kami juga membuat gebrakan dengan melakukan silaturahmi ke rumah guru2 sehabis lebaran. Dengan bersepeda beramai2, berbondong2 dan berduyun2 menyerbu rumah guru2 dengan suka cita. Emang sih dapat makan gratis, tapi tentu saja maksud kami yang utama bukan itu. Beberapa guru sampai terharu ketika kami datangi.

Tapi kami punya sejarah kelam yang tak kan kami lupakan. Kami dibantai dengan sadis oleh Pak Biyan, guru geografi keturunan hobbit. Ya…kami bener2 dibantai, kepala sebagian kami dibelah ( istilah dia “diplathok” ), dijitak sekenceng2nya. Tidak peduli dia cewek atau cowok. Korban terbanyak adalah yang duduk di baris meja guru. Emang sih kami salah karena tidak menyalin catatan anak2 kelas 3 C. Untung aku selamat dari pembantaian walaupun aku juga ga bikin tugas. Paginya dahi temen2 korban pembantaian itu terlihat biru. Sedih banget deh.

Inilah mereka murid kelas 3 D tahun 1991 :

1. Astutik
2. Baharuddin Ahmad
3. Damar Sutantri ( anak dari guru SD ku )
4. Dewi Nur Aini ( cewek jagoan, terakhir jadi anggota DPRD Kulonprogo dari PKS, salut )
5. Diyah Restiana Kusumawati alias Menil
6. Darwanto ( kelas 2 pindah ke Irian )
7. Emha Fitri Astuti
8. Eny Sulistyowati
9. Esti Mulat Sri Ningsih Slamet Mulyani ( rambutnya sepanjang namanya )
10. Evie Darmadiningrum ( jago gitar )
11. Guswanaji
12. Ihsan Budi Santosa
13. Isti Winarni alias ciblek
14. Jemiran ( Pak Tua dia kelairan 1972 )

15. Muhammad Cahyo Savitri ( abis penataran P4 dia pindah ke Mataram )

16. Muhammad Munir
17. Muh Anwar Fikri alias Bakrie
18. Mujiasih
19. Muryati
20. Nurwulan Hidayatun alias Atun
21. Purwanto
22. Priyo Cahyono
23. R. Eko Yunanto
24. Rr. Dyah Rini Kusumastuti
25. Rr. Heny Karuniawati
26. Rr. Yustitya Dyah Permana ( ce idola bersama )
27. Rumiyati
28. Senijem
29. Setiyarini
30. Aku
31. Sigit Siswandoyo ( ga se-SMA tapi kita bareng di Jurangmangu )
32. Slamet Wibowo ( anaknya Pak Pomo guru gambar )
33. Sumarsono
34. Sumiyati
35. Sunarwanto ( dari SMP sampe lulus SMA kita sekelas terus, kuliah kalo aku ngambil UGM kita se-fakultas juga)
36. Swastono Sapto Bintoro
37. Tetra Rianawati ( bintang kelas )
38. Tintin Susilowati
39. Tomi Cahyadi alias Tombol
40. Wawan Hari Purnomo ( tetangga temen dari SD )
41. Yani Widiastuti
42. Candra Savitri ( baru masuk di kelas 2 )
43. Juniarti
44. Lupa juga

Yang tahu keberadaan mereka dan kabar mereka, kasih tahu aku ya….

Ket : yang di cetak miring mereka se-SMA ama aku.

One thought on “3D – 1991

Jejejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s