Home » pikiran » Yudhistira

Yudhistira


Putra tertua Pandu ini adalah pemimpin para Pandawa. Dia digambarkan sebagai satria yang rendah hati, jujur dan lurus. Puntadewa, nama lainnya adalah orang yang tak pernah berdusta dan sabar dalam menghadapi musibah dan muslihat Kurawa. Tapi sebagai manusia dia tak luput dari kesalahan.

Masih ingatkah anda peristiwa di meja judi ?. Yudhistira dengan segala kesempurnaannya tergoda oleh nafsunya dan rayuan gombal Kurawa dan Patih Sengkuni untuk mempertaruhkan nasib melalui kocokan dadu. Tahta, saudara-saudaranya, dirinya, juga istrinya Drupadi dipertaruhkan. Episode ketika Drupadi ditelanjangi Dursasana menjadi titik tolak dendam Pandawa untuk menghabisi Kurawa di kemudian hari. Akhirnya Pandawa harus terusir dari Hastina dan dibuang di hutan. Yudhistira paling bertanggung jawab akan hal ini dan penyebab dari perang Baratayudha yang berdarah-darah adalah akibat dari kebodohannya.

Ketika perang Baratayudha, Yudhistira pun berbohong. Ketika gajah dari Aswatama (putra Durna )mati, maka prajurit Amarta/Pandawa berteriak-teriak bahwa Aswatamalah yang mati. Hal ini mengguncang hati Sang Durna dan melemahkan semangat perangnya. Durna yang tahu kalau Yudhistira tak pernah dusta, akhirnya berusaha mengonfirmasi kematian Aswatama. Dengan bujukan Khrisna, maka Yudhistira pun mengatakan bahwa Aswata mati. Walau dengan merendahkan suaranya ketika mengucapkan kata gajah. Peristiwa ini menjadi awal dari kehancuran dan kematian Durna, guru dari Pandawa dan Kurawa.

Dan ketika semuanya berakhir, dan Yudhistira tinggal sendirian ketika semua saudaranya meninggal, dia ditolak masuk ke sorga oleh Batara Indra hanya karena Yudhistira mau membawa seekor anjing. Maka aku pun tak heran lagi.

Selama manusia masih memunyai nafsu, maka dia adalah makhluk tak sempurna.

2 thoughts on “Yudhistira

Jejejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s