Home » pikiran » Pilkada

Pilkada


Panasnya Jakarta akan bertambah panas dalam bulan-bulan ini. Bukan hanya karena global warming atau polusi udara yang semakin pekat, namun adanya perhelatan demokrasi yaitu Pilkada DKI Jakarta yang katanya akan diadakan bulan Agustus mendatang. Sebagai orang yang mencari makan di kota Jakarta tentu banyak harapan akan hasil dari Pilkada ini.

Sebagai pusat dari sebuah negara, Jakarta adalah segala-galanya bagi Indonesia. Kalau mau melihat Indonesia dalam skala kecil, disinilah tempatnya. Pilkada yang diharapkan akan menghasilkan pemimpin yang mampu mengelola Jakarta menjadi kota yang beradab dan manusiawi. Apa lacur, Pilkada hanya menjadi kongkalingkong politisi-politisi yang memperebutkan sebuah kekuasaan. Dari begitu banyaknya parpol yang ada sebagai hasil dari reformasi yang mengorbankan banyak darah dan airmata, hanya ada 2 calon cagub/cawagub yang tersedia untuk dipilih. Sementara cagub independent yang diharapkan masyarakat terganjal oleh syarat harus mendapatkan dukungan dari parpol dengan minimal 15% suara di DPRD. Sungguh naif…

Pilkada kali ini ibarat menjadi pertarungan antara 1 parpol dengan 25% suara melawan 15 parpol dengan 75% suara. Mr. FB dengan kekuasaannya sebagai Wagub berhasil menghimpun partai2 besar untuk mendukungnya entah kue apa yang akan dibagikan dan berapa porsinya. Sedangkan PKS sekali lagi menunjukkan kelemahan lobby atau dia merasa yang paling bersih dan peduli yang menganggap partai lain kotor sehingga tidak perlu dilibatkan dalam pembenahan Jakarta. Mungkin ini pula yang menjadi dasar partai-partai lain mengatakan bahwa ada perbedaan ideologis. Istilah apa pula ini, herannya partai2 Islam tidak ada yang mau atau diajak berkoalisi dengan PKS. Mungkin PKS lupa bahwa kebenaran bisa dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir. Pengalaman Pilkada Banten, Depok dan Bekasi mungkin belum bisa menjadi pelajaran. Sekali lagi PKS menunjukkan ke-eksklusivan-nya.

Yang pasti pada Pilkada nanti saya tidak akan memilih, karena saya warga Jawa Barat
Selamat berpilkada Bang…..

Jejejak

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s